Senin, 12 Agustus 2013

PEMBAKARAN JERAMI

Membakar jerami itu ibarat membakar gabah. Bukan saja karena banyaknya jerami per luasan adalah sebanyak gabah, tapi jerami jika dikembalikan ke tanah dengan dikomposkan atau dibenamkan ke lahan akan menghasilkan gabah tambahan. Gabah tambahan ini mungkin tak pernah ada jika jerami tersebut dibakar. Jadilah jerami identik dengan gabah.

Membakar jerami itu juga ibarat membakar daging. Ternak terutama sapi punya kemampuan mencerna jerami, yang akhirnya bisa menambah bobot daging. Kalau pada manusia, serat adalah makanan sehat, melancarkan pembuangan dan menyerap kolesterol, tapi hampir tak bisa tercerna menjadi daging atau tenaga. Untuk dietlah. Tapi bagi sapi, serat bisa tercerna menjadi daging. Jadilah jerami identik dengan daging.

Membakar jerami itu juga ibarat membakar sapi. Bukan hanya menjadi daging, bahkan bagi sapi indukan, yang makannya cukup jerami dan bekatul, dalam waktu 9 bulan akan menghasilkan anak. Ya, karena prinsip sapi indukan adalah asal hidup, sehingga jerami sudah cukup untuk memenuhi prinsip itu. Jadilah jerami identik dengan sapi.

Membakar jerami adalah membakar uang. Ya, karena jerami bisa dijadikan uang dengan dan untuk berbagai keperluan.