Jumat, 16 Agustus 2013

PAHLAWAN TANPA TANDA JASA

Siapa sebenarnya?

Apakah guru dan dosen? Jasanya tak terkira. Mungkin saja kita lupa memberikan tanda jasanya. Sedangkan tanda jasa paling afdol adalah berupa uang/ gaji. Sedangkan guru/ dosen yang berstatus pegawai negeri sekarang tak lagi kekurangan dalam masalah gaji. Bahkan gajinya jauh diatas upah minimal. Jadilah guru swasta dan yang masih honorerlah yang berstatus pahlawan tanpa tanda jasa.

Atau mungkin saja polisi. Jasanya bertaruh mati, mungkin saja polis asuransinya tinggi. Jika guru berhadapan dengan murid, polisi berhadapan dengan penjahat. Ada murid nakal sedikit saja guru sudah pusing, mana ada penjahat yang tidak nakal. Sedangkan yang namanya pahlawan kan mesti melawan musuh, melawan penjahat. Jadi, polisikah yang berstatus pahlawan tanpa tanda jasa?

Atau mungkin saja para pemimpin? Mulai dari ketua RT, kepada desa, hingga presiden. Merekalah yang mengatur sistem kenegaraan kita, yang tanpanya kita tak akan hidup tenang. Mereka mengatur semuanya, dari urusan tempat tinggal sampai urusan ketenagakerjaan, dari urusan sistem pendidikan sampai kesejahteraan sosial. Jadi mungkinkah para pemimpin kita adalah pahlawan tanpa tanda jasa?

Ataukah, petani?