Senin, 19 Agustus 2013

PANEN BERLIMPAH

Mau panen berlimpah, ada syaratnya.

Syarat pertama harus bisa panen dulu. Sebab untuk mencapai tahap panen itu tidak sederhana. Mulai dari  persiapan lahan, persiapan tenaga kerja, persiapan pengadaan sarana produksinya, pengurusan pada budidaya, pemeliharaan yang handal, termasuk pengurusan hama, baru memasuki tahap panen.

Tak sedikit petani yang tak sempat memasuki masa panen. Bukan nasib petaninya yang berakhir, tapi nasib lahan dan tanamannya. Bisa kena banjir hingga tanaman mati, bisa kekeringan sehingga tak bertunas, bisa kebanyakan pupuk daun sehingga daunnya menguning, bisa saja hama tak tertangani hingga tanaman tak berbentuk lagi, bisa saja salah memilih herbisida hingga tanaman induk ikut mati, atau karena faktor lain sehingga bertaninya berhenti di tengah jalan.

Setelah petani melewatkan tanamannya pada masa-masa perjuangan itu, barulah memasuki masa panen. Bisa panen sedikit sehingga masih rugi, bisa panen sedang-sedang saja sehingga impas dengan biayanya, bisa panen bagus sehingga mendapatkan keuntungan, bisa juga panen berlimpah hingga mendapatkan untung besar.

Sedangkan cara untuk mendapatkan panen berlimpah sebenarnya sangat sederhana. Kalau cuma ilmu dan cara saja bisa kita bertanya dan minta didampingi oleh orang yang berkompetensi. Toh amat jarang sekali kasus-kasus dalam bertani yang harus ditangani secara mendesak dan mendadak sehingga kita tak ada waktu sekedar untuk bertanya. Toh bertanya tentang apa dan bagaimana tak memerlukan waktu berhari-hari.

Tapi menjiwai dan bertani dengan hatilah yang menjadi kunci.