Selasa, 01 Juli 2014

PUPUK TERBAIK

Pupuk terbaik itu yang mana, yang bagaimana? Ya jelasnya adalah yang memberikan hasil dan penghasilan terbaik bagi petani penggunanya. Penghasilan penggunanya meningkat dengan memakai pupuk tersebut.

Permasalahannya, selain tak ada yang meranking kualitas pupuk, petani pemakai juga tak mudah percaya pada segala macam promosi dan klaim dari perusahaan pupuk. Jadilah perusahaan dan petani sama-sama berjuang sendiri-sendiri, perusahaan berpromosi, petani tunggu bukti.

Bahkan seandainya diadakan perlombaan kualitas pupuk pun tetap tak akan banyak membantu, sebab peserta yang kalah akan mengatakan bahwa perlombaan tidak memenuhi syarat dsb. Apalagi dunia  pertanian sedang menjadi anak tiri dibanding sektor yang lain, misalnya dibanding sektor transportasi, pertambangan, properti, maupun telekomunikasi.

Jadi mungkin pupuk terbaik adalah yang sudah terbukti, dengan melihat data-data foto, video, maupun lapangan langsung. Tapi jangan-jangan bukti yang hanya sekali tidak cukup, karena bisa saja dianggap kebetulan. Bahkan ijin edar pupuk pun didasarkan pada pengujian yang hanya sekali.

Jadi pupuk yang terbukti baik adalah yang sudah lama beredar?