Selasa, 08 Juli 2014

DUNIA PETERNAKAN YANG TERABAIKAN

Jangankan sektor peternakan, sektor pertanian saja tak mendapat perhatian. Padahal urusan pertanian adalah urusan pangan, sedangkan urusan pangan itu tak saja penting, tapi juga mendesak. Lalu bagaimana dengan sektor peternakan?

Kurang terurusnya sektor peternakan juga pertanian bukan terutama karena tak ada kemampuan, tapi karena kurangnya kemauan. Alasan untuk berjuang all out di sektor ini belum ditemukan. Mungkin karena negara lain sudah siap menyediakan stok pangan dan peternakan bagi Indonesia, atau mungkin saja belum menemukan benang merah esensi dari pentingnya kedaulatan pangan.

Kedaulatan pangan atau apapun sebenarnya  sesuatu yang sulit dipahami keuntungannya. Seharusnya yang dipikirkan adalah kesejahteraan bangsa dan anak bangsanya lewat kedaulatan pangan. Harusnya kitalah yang siap menyediakan pangan bagi dunia. Harusnya kitalah yang menerima uang,  bukan kehilangan uang pembelian bahan pangan.

Jadilah kedaulatan pangan itu berujung pada kesejahteraan, sedangkan kedaulatan protein pun tak kalah luar biasanya dalam berkontribusi pada kesejahteraan  suatu bangsa, lewat perhatian dan penanganan yang serius di dunia peternakan.